Tag

, , , , ,


…Action Brings Result…

Ada kalanya sebelum melakukan sesuatu, akan lebih baik jika dipikirkan matang-matang.

Nah tapi, kalo mikirnya kebanyakan, kelamaan, bisa kematengan, dan akhirnya kita ga jadi melaksanakan suatu rencana.

Hal ini bisa saja berdampak buruk, karena bisa jadi orientasi kita pada proses malah menghalangi kita untuk mencipta sebuah karya, atau bahkan karya-karya besar.

Seringkali kita berdalih,

belum siap resource-nya..

belum beres draftnya”

“masih belum sempurna nih..”

“takut gagal”

“kalo di-reject pasar gimana?..

“saya kan belum pengalaman..” dan berbagai alasan lainnya…

Nah kalo kita sering sekali membuat alasan yang menjadi penguat untuk kita tidak melaksanakan rencana, jangan-jangan kita mengidap excuse-sitis. Perlu dikatakan, excuse-sitis adalah penyakit kronis yang harus segera disembuhkan. Jika tidak, ia akan menggerogoti kita seperti kanker ganas, membuat kita hidup tapi mati, punya impian tapi dibiarkan, punya cita-cita tapi tak berdaya, punya hasrat tapi tak kuasa, hingga akhirnya kita benar-benar mati, tanpa pencapaian.

Saya mengalami gejala ini saat sedang kuliah semester akhir (jumlah bilangan semester pun sudah banyak ^0^). Saat itu saya sedang mengerjakan skripsi, dan selalu terlintas dalam pikiran ini “masa hasil kaya gini disetorin ke dosen.. ntar aja deh kalo udah lebih baik“. Nah pikiran-pikiran seperti ini yang akan selalu menghalangi kita untuk melangkahkan kaki, membuat pekerjaan tidak menampakkan progres positif.

Makanya Dosen Pembimbing selalu bilang “setor aja progres seadanya!” “jangan nunggu sampe benar semua, sampe sempurna, karena kita lagi belajar“.. Iya, dipikir-pikir itu bener banget.

(thanks to Mr.Heru Nurasa, Mr.Herijanto Bekti, Mrs. Nina Karlina)

Lalu sebenarnya bagaimana mengobati Excuse-sitis, caranya, LAWAN!!

Hadapi, dan dobrak dengan TAKE ACTION!!

dengan take action kita akan menghilangkan keraguan, kita menghilangkan ketakutan, dengan Take Action kita akan membuat keragu-raguan ragu-ragu menghinggapi pikiran dan hati kita.

Bahkan kita menjadi lebih siap dan waspada menghadapi resiko, reaksi atau feed back yang mungkin muncul dari tindakan yang kita lakukan. JAdi sebenarnya saat kita TAKE ACTION, alam bawah sadar kita menjadi siaga, dan membuat banyak prediksi apa yang akan terjadi pasca-take action, sehingga dengan begitu kita dilatih menjadi lebih kreatif.

ok, just remember, whatever it takes, don’t worry, coz the most important thing is, TAKE ACTION.

you know what, Action Brings Result!!


Iklan